Puncak teknologi, dibalik kesederhanaan itu tersembunyi kerumitan

Seorang pembuat produk teknologi selalu berfikir bahwa produk yang akan dihasilkan sebisa mungkin ‘user friendly’. Artinya user dengan tingkat pendidikan terendah pun dapat menggunakan produk tersebut tanpa kesulitan. Perintah-perintah yang diberikan kepada produk itu harus sesederhana mungkin, tidak terlalu rumit. Itulah yang diupayakan seorang penghasil produk teknologi.

Sekarang sudah ada robot yang diperintah manusia melalui pikiran. Jadi manusia tinggal berfikir melambaikan tangan maka robot akan melambaikan tangannya. ASIMO yang sudah mempublikasikannya.

Saya memahami bahwa semakin sederhana perintah yang diberikan kepada alat tersebut, maka semakin rumit teknologi, atau program yang ada dibalik kesederhanaan itu. Karena step-step yang seharusnya dikerjakan manusia itu dilakukan oleh alat tersebut. Sepengetahuan saya teknologi paling canggih produk manusia yang sudah terealisasikan ya itu tadi, robot dengan perintah pikiran.

*****
Lalu saya teringat guru ngaji saya menjelaskan.. kalau nanti kita di syurga itu segala fasilitas ada. Bahkan saat pikiran kita belum sempat menginginkannya, fasilitas atau sesuatu itu sudah muncul di hadapan kita.

That is The Great technology

2 comments:

  1. wah dah jadi ahli fisika ya...
    yg belajar fisika puluhan tahun ja ga pernah terfikir begitu.....

    mb ika cute...^.^

    ReplyDelete
  2. ane dulu waktu SMA gila fisika mbak.
    yah ini kan atas bimbingan mbak Ika juga.
    :D

    ReplyDelete